Content Management System (CMS)  

Content Management System (CMS) merupakan suatu aplikasi yang memberikan kemudahan di dalam proses distribusi informasi yang digunakan untuk menambah dan/atau mengelola isi website. Menambah dan mengelola isi website dapat dilakukan oleh siapa saja yang diberi hak oleh Administrator.

CMS dapat digunakan oleh orang yang tidak cukup mengerti pemrograman teknis. Menambah, mengubah atau menghapus isi website secara langsung dapat dilakukan tanpa mengetik script pemrograman. Seiring dengan perkembangannya, CMS kini banyak digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pengembangan sebuah Website.

Web Hosting ataupun penyedia domain, kini banyak yang memberikan pelayanan serta penyediaan fasilitas berupa instalasi web berbasis CMS ini. Hal ini dikarenakan lebih mudah dalam mengconfigurasikan data dan layout web itu sendiri. Selain itu, banyaknya CMS yang digunakan dalam pengembangan website dikarenakan oleh bebasnya penggunaan CMS ini, artinya ada beberapa CMS yang bebas digunakan untuk umum atau disebut juga Open Source.

Beberapa contoh CMS yang banyak digunakan yaitu:
1. Joomla
2. Drupal
3. CMS Made Simple
4. BitWeaver
5. WordPress
6. XOOPS
7. Mambo
8. Commercial CMSs

Selain beberapa CMS yang saya sebutkan diatas, anda dapat melihat dan mempelajari dari beberapa situs diantaranya dari http://www.opensourcecms.com.
Saat ini penggunaan CMS cukup digemari para admin website, hal ini dikarenakan pengaturan CMS ini relativ lebih mudah, selain itu, dengan CMS para administrator website lebih mudah melakukan update, baik dari materi web maupun content web tersebut. Tulisan ini mungkin dapat membantu dalam memutuskan dalam pembuatan sebuah website atau pun pengembangan sebuah website.

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Design By: SyntaxError
Copyright ® 2008 SyntaxError Another Syntax From My Journey